Senin, 26 November 2012

Mesin Hitung cash Register

Mengoperasikan Alat Hitung Cash Register


Cara Mengoperasikan Alat Hitung dalam Mesin Cash Register

(a) Cara mengoperasikan Cash Register Manual
    
    1. Siapkan bilangan dan geser kunci pengali (X) ke atas, geser kunci ke arah tanda kurang (-) , kunci tanda kurang lalu tarik engkol sebanyak bilangan yang sama yang akan dikurangi, setelah itu kunci dilepas lagi.
  1. Mengalikan dan menjumlah suatu bilangan
    1. Siapkan angka-angka bilangan yang akan dikalikan dan geser tanda ulang (X) ke atas lalu tarik engkol sekian kali sebanyak pengalinya.
    2. Setelah memperoleh jumlah dari bilangan-bilangan yang telah tercetak pada pita kertas hitung dengan menggeser kunci ke tanda Sub total ( ) lalu tarik engkol, setelah operasi Subtotal mesin tidak netral dan penjumlahan selanjutnya dapat diteruskan
    3. Setelah memperoleh jumlah total bilangan-bilangan yang telah dimasukkan ke dalam mesin dengan menggeser ke arah tanda jumlah (+) lalu tarik engkol. 
(b) Cara mengoperasikan Cash Register Manual
  1. Dengan anak kunci, kasir dapat menghidupkan mesin , baik untuk operasi manual maupun listrik
  2. Pada waktu menerima pembayaran , kasir harus menekan kunci angka yang menunjukkkan jumlah uang yang akan dibayar oleh pembeli
  3. Selanjutnya tekan kunci operasi.
    Bila menggunakan listrik mesin langsung hidup dan siap dioperasikan. Di layar akan terlihat jumlah uang tadi dan secara otomatis laci uang akan terbuka.Sesudah uang pembayaran dari pembeli dimasukkan ke dalam laci dan uang kembalian diserahkan ke pembeli kasir menutup laci kembali, lalu tekan kembali kunci operasi hingga layar menunjukkan angka nol.
  4. Jika listrik mati dan akan menggunakan mesin tsb secara manual, mesin akan beroperasi bila engkol diputar sekali searah jarum jam. Laci akan terbuka, layar menunjukkan jumlah uang yang yang harus dibayar oleh pembeli. Sesudah laci ditutup kembali tekan kunci operasi lalu engkol diputar sekali lagi, agar layar menunjukkan angka nol (posisi netral ).
  5. Sesudah transaksi selesai, pimpinan dapat mencocokkan pada layar kontrol tentang jumlah uang kas yang harus ada sesuai dengan transaksi. Pencetak slip (lembar nota) terdiri dari tanggal, nomor transaksi dan besar transaksi, juga terdapat alat mekanis untuk mengatur tanggal yang terdapat di dalamnya.

(c) Cara mengoperasikan Cash Register Elektronik (merk SHARP ER-A510)
      1. Penjualan/ penerimaan cash (TL) :
          - tekan angka nominal, tekan DEP yang dituju demikian seterusnya ...
          - tekan 'ST' ( Sub Total )
             • Jika dibayar dengan uang pas, tekan TL (Total)
             • Jika dibayar dengan bukan uang pas tekan ST tekan angka nominal yang diserahkan pembeli,                 lalu tekan TL

0 komentar:

Poskan Komentar